Pelanggaran TikTok
6 Tips Agar Tidak Kena Pelanggaran TikTok

Selamat datang di artikel “Cara Agar Tidak Kena Pelanggaran TikTok”. Dalam era digital yang serba maju ini, TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial yang amat populer. Dari remaja hingga orang dewasa, semuanya tampaknya terpikat oleh daya tarik TikTok. Namun, ketenarannya melahirkan tantangan baru, yaitu bagaimana berbagi konten tanpa melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh platform ini. 

“Pahamilah aturan mainnya, baru kemudian mainlah sesuka hati.” – Orson Scott Card

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk tetap aktif dan menikmati fitur TikTok tanpa harus khawatir tentang pelanggaran. Dengan pemahaman yang tepat akan peraturan dan pedoman TikTok, dapat membantu Anda meredam potensi risiko. Jadi, mari kita mulai perjalanan informatif ini bersama!

Cara Menghindari Pelanggaran TikTok

Untuk memastikan bahwa Anda tidak melanggar aturan dan regulasi yang diberlakukan oleh TikTok, ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan. Pertama dan terpenting, pastikan untuk memahami dan mematuhi TikTok community guidelines. Pedoman ini mencakup prinsip-prinsip yang harus Anda ikuti dalam membuat dan membagikan konten di TikTok, seperti berlaku adil, menghargai konteks, melindungi privasi, mendorong ekspresi bebas, mencegah kerusakan, dan menjaga ketenangan. 

Tindakan moderasi TikTok termasuk penghapusan konten yang melanggar, pembatasan konten yang dirancang untuk orang dewasa, pembatasan konten yang tidak pantas dari umpan “For You”, dan memberdayakan pengguna dengan alat informasi. TikTok telah memperbarui Pedoman Komunitasnya untuk memasukkan ketentuan baru terkait dengan media sintetis, ujaran kebencian, dan upaya integritas pemilu. Salah satu pembaruan penting termasuk penambahan ‘Tribe’ sebagai atribut yang dilindungi dalam kebijakan ujaran kebencian TikTok untuk pertimbangan yang lebih peka secara budaya. 

Untuk menghindari pelanggaran, hindari konten yang dapat menyebabkan pemblokiran akun seperti konten yang berisikan kekerasan atau membahayakan, konten kriminal, ujaran kebencian, penyalahgunaan, konten terkait bahaya diri atau bunuh diri, ketelanjangan, konten seksual, informasi salah, dan promosi barang atau kegiatan berbahaya. 

Perhatikan juga batasan usia TikTok: pengguna harus berusia 13 tahun ke atas. Akun unik dibuat untuk mereka yang berusia di bawah 13 tahun dan larangan diberlakukan bagi mereka yang tidak memenuhi persyaratan usia. 

Dengan memahami dan menjalankan panduan ini, kamu dapat menjaga akun TikTokmu tetap aman dan terhindar dari pelanggaran TikTok.

Tips Agar Tidak Kena Pelanggaran TikTok

Memahami pedoman komunitas TikTok adalah langkah pertama untuk menghindari pelanggaran. TikTok sangat menekankan pada prinsip-prinsip penting yang harus dipatuhi oleh para kreator: berlaku adil, menghargai konteks, melindungi privasi, memperbolehkan ekspresi bebas, mencegah kerugian, tetap santun, dan berfokus pada inklusi. 

Penting bagi Anda untuk selalu menghindari konten yang dapat mengarah pada penutupan akun TikTok. Beberapa contoh termasuk konten kekerasan atau berbahaya, konten kriminal, ujaran kebencian, pelecehan, konten yang berkaitan dengan penyiksaan diri atau bunuh diri, ketelanjangan, konten seksual, informasi palsu, dan promosi barang atau aktivitas berbahaya. 

Hari ini, perusahaan ini telah berkonsultasi dengan lebih dari 100 organisasi di seluruh dunia, termasuk Dewan Penasehat Konten Amerika Serikat, untuk memberikan pembaruan terkini kepada pedoman komunitas mereka. Pendekatan moderasi TikTok termasuk penghapusan konten pelanggar, pembatasan konten dewasa, pembatasan konten yang tidak pantas dari For You feed, serta memberdayakan pengguna dengan alat-alat informasi. 

Apabila anda masih berusia dibawah 13 tahun, TikTok mengharuskan Anda untuk membuat akun unik dan akan memberikan larangan untuk mereka yang tidak memenuhi persyaratan usia. Ini merupakan bagian dari empat pilar moderasi konten TikTok: penghapusan konten yang melanggar aturan, verifikasi konten yang dibatasi usia, pemantauan standar FYF, dan pemberdayaan kreator. 

TikTok juga telah memperbarui pedoman komunitasnya untuk mencakup ketentuan baru yang terkait dengan media sintetis, ujaran kebencian, dan upaya integritas pemilihan. ‘Tribe’ telah ditambahkan sebagai atribut yang dilindungi dalam kebijakan ujaran kebencian TikTok untuk pertimbangan yang lebih sensitif terhadap budaya.

Pelanggaran TikTok

Panduan Lengkap Menghindari Pelanggaran TikTok

Mungkin Anda bertanya, “Bagaimana cara agar tidak kena pelanggaran TikTok?” Simak penjelasan berikut ini yang telah kita kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya.

Berpegang teguh pada aturan Komunitas TikTok 

Aturan komunitas TikTok yang baru telah dikonsultasikan lebih dari 100 organisasi di seluruh dunia, termasuk Dewan Penasihat Konten AS, untuk memberikan pembaruan terkait pedoman komunitasnya. TikTok memahami kebutuhan untuk selaras dengan kekhawatiran dan preferensi regulator AS. 

Menghormati panduan pencipta konten 

Di TikTok, pencipta konten perlu mengikuti prinsip-prinsip tertentu. Jadilah adil, menghormati konteks, melindungi privasi, memungkinkan ekspresi bebas, mencegah kerusakan, tetap sopan, dan fokus pada inklusi. Dengan tetap setia pada prinsip-prinsip ini, Anda akan mengurangi risiko pelanggaran TikTok. 

Menjauh dari konten yang dapat menimbulkan larangan akun 

Konten berbahaya atau kekerasan, konten kriminal, ujaran kebencian, penyalahgunaan, konten terkait penyerangan diri atau bunuh diri, konten berisi ketelanjangan, konten seksual, informasi salah, atau promosi barang atau aktivitas berbahaya, semua bisa membuat akun Anda dilarang di TikTok. 

Memahami 4 Pilar Moderasi Konten TikTok 

TikTok memiliki empat pilar moderasi konten, yaitu: Menghapus konten yang melanggar aturan, Verifikasi konten yang memiliki batasan usia, Memantau standar Feed For You (FFY), dan Memberdayakan pencipta konten. Dengan memahami dan mengikuti empat pilar ini, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk bebas dari pelanggaran TikTok. 

Menghormati kebijakan ujaran kebencian TikTok 

‘Tribe’ telah ditambahkan sebagai atribut yang dilindungi dalam kebijakan ujaran kebencian TikTok untuk pertimbangan yang lebih peka secara budaya. Memastikan Anda menghormati seluruh komunitas TikTok dapat membantu Anda menjauh dari pelanggaran khusus ini. 

Mematuhi persyaratan usia TikTok 

Pengguna TikTok harus berusia 13 tahun ke atas. Untuk mereka yang berusia di bawah 13 tahun, perlu diatur akun unik. TikTok memiliki kebijakan larangan ketat bagi mereka yang tidak memenuhi persyaratan usia. 

Read more: 3 Cara Sukses Jualan di TikTok Tanpa Stok Barang

🔥 Mau Banyak Followers Instagram Secara Cepat dan Gratis? Klik link di bawah ini!

Related Articles

Siapa yang tidak tahu tentang TikTok? Platform media sosial yang digemari oleh jutaan pengguna dari seluruh dunia dan menjadi bagian..
Selamat datang, Pembaca yang terhormat! Apakah Anda pernah bertanya-tanya, Apakah memungkinkan untuk melakukan live di TikTok tanpa memiliki 1000 pengikut?..
Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia saat ini. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif..
Selamat datang, pembaca yang budiman. Di era digital ini, dimana hampir semua orang menghabiskan waktu mereka di media sosial, penting..
Siapa bilang menggunakan video TikTok untuk berbagai keperluan itu rumit? Sebenarnya, ada cara praktis dan cepat untuk menghilangkan watermark TikTok...